Contoh soal pkn kelas 3

Contoh soal pkn kelas 3

Menjelajahi PKn Kelas 3: Panduan Lengkap Contoh Soal dan Pembelajaran Karakter Bangsa

Pendahuluan

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran esensial dalam kurikulum pendidikan dasar di Indonesia. Lebih dari sekadar menghafal fakta, PKn bertujuan membentuk karakter siswa, menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, serta membekali mereka dengan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Bagi siswa kelas 3 Sekolah Dasar (SD), PKn menjadi jembatan penting dalam memahami lingkungan sosial mereka yang semakin luas, mulai dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat.

Contoh soal pkn kelas 3

Pada usia ini, anak-anak mulai aktif berinteraksi, membentuk opini, dan mengembangkan rasa tanggung jawab. Oleh karena itu, materi PKn disajikan dengan cara yang konkret, relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, dan mendorong partisipasi aktif. Artikel ini akan mengupas tuntas mengapa PKn penting untuk siswa kelas 3, materi-materi pokok yang diajarkan, serta menyediakan beragam contoh soal yang bisa menjadi panduan bagi orang tua dan guru dalam mendampingi proses belajar mengajar.

Mengapa PKn Penting untuk Siswa Kelas 3 SD?

Pembelajaran PKn pada tingkat kelas 3 SD memiliki beberapa tujuan krusial:

  1. Pembentukan Karakter dan Moral: PKn mengajarkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, toleransi, tanggung jawab, dan gotong royong yang menjadi fondasi karakter positif.
  2. Pemahaman Hak dan Kewajiban: Siswa mulai mengenal hak-hak mereka sebagai anak di rumah dan sekolah, serta kewajiban yang harus mereka penuhi. Ini membantu mereka menjadi individu yang bertanggung jawab dan menghargai hak orang lain.
  3. Pengenalan Nilai-nilai Pancasila: Materi Pancasila diperkenalkan secara sederhana melalui contoh-contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai sila kesatu hingga kelima.
  4. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara: Melalui pengenalan simbol negara, lagu kebangsaan, dan pahlawan, siswa mulai menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga menjadi bagian dari Indonesia.
  5. Keterampilan Sosial: PKn mendorong siswa untuk memahami pentingnya kerja sama, menghargai perbedaan, dan berinteraksi secara positif dalam kelompok.

Materi Pokok PKn Kelas 3 SD

Secara umum, materi PKn kelas 3 SD mencakup beberapa tema besar yang saling berkaitan:

  1. Pancasila:
    • Pengenalan lambang negara (Burung Garuda).
    • Pengenalan bunyi dan lambang sila-sila Pancasila (dari sila ke-1 hingga ke-5).
    • Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (contoh perilaku sederhana).
  2. Aturan dan Norma:
    • Aturan di lingkungan rumah (misalnya, merapikan kamar, membantu orang tua).
    • Aturan di lingkungan sekolah (misalnya, piket kelas, tidak terlambat, memakai seragam).
    • Manfaat mematuhi aturan dan akibat melanggar aturan.
  3. Hak dan Kewajiban:
    • Hak anak di rumah (misalnya, hak mendapatkan kasih sayang, pendidikan, bermain).
    • Kewajiban anak di rumah (misalnya, membantu orang tua, belajar, menghormati anggota keluarga).
    • Hak siswa di sekolah (misalnya, hak belajar, menggunakan fasilitas sekolah).
    • Kewajiban siswa di sekolah (misalnya, mematuhi guru, menjaga kebersihan, belajar dengan tekun).
  4. Keragaman dan Perbedaan:
    • Mengenal keragaman suku, agama, dan budaya teman di lingkungan sekitar.
    • Sikap menghargai dan toleransi terhadap perbedaan.
    • Manfaat keragaman dalam persatuan.
  5. Kerja Sama dan Gotong Royong:
    • Pengertian dan manfaat kerja sama.
    • Contoh kerja sama di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat (sederhana).
    • Pentingnya gotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan.
  6. Nasionalisme Sederhana:
    • Pengenalan bendera Merah Putih dan maknanya.
    • Pengenalan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".
    • Pengenalan beberapa pahlawan nasional dan jasa-jasanya.
    • Cara menghargai jasa pahlawan.

Contoh Soal PKn Kelas 3 SD Berdasarkan Tema

Berikut adalah beragam contoh soal PKn kelas 3 SD yang mencakup berbagai jenis (pilihan ganda, isian singkat, benar/salah, dan uraian) beserta kunci jawabannya.

I. Tema: Pancasila

A. Pilihan Ganda

  1. Lambang negara Indonesia adalah ….
    a. Burung Garuda
    b. Bendera Merah Putih
    c. Pohon Beringin
    d. Padi dan Kapas
    Kunci Jawaban: a

  2. Bunyi sila pertama Pancasila adalah ….
    a. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
    b. Ketuhanan yang Maha Esa
    c. Persatuan Indonesia
    d. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    Kunci Jawaban: b

  3. Contoh perilaku yang sesuai dengan sila kedua Pancasila adalah ….
    a. Berdoa sebelum makan
    b. Membantu teman yang kesusahan
    c. Bermusyawarah memilih ketua kelas
    d. Menjaga kebersihan lingkungan
    Kunci Jawaban: b

  4. Simbol sila kelima Pancasila adalah ….
    a. Bintang
    b. Rantai
    c. Pohon Beringin
    d. Padi dan Kapas
    Kunci Jawaban: d

  5. Sila ketiga Pancasila mengajarkan kita untuk ….
    a. Percaya kepada Tuhan
    b. Menghargai perbedaan
    c. Menjaga persatuan dan kesatuan
    d. Bersikap adil
    Kunci Jawaban: c

B. Isian Singkat

  1. Pancasila memiliki titik-titik sila.
    Kunci Jawaban: lima
  2. Lambang sila pertama Pancasila adalah titik-titik.
    Kunci Jawaban: bintang
  3. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah titik-titik.
    Kunci Jawaban: Persatuan Indonesia
  4. Kita harus bersikap adil kepada semua orang, ini sesuai dengan sila ke-titik-titik Pancasila.
    Kunci Jawaban: lima
  5. Berdoa sebelum belajar adalah contoh pengamalan sila ke-titik-titik Pancasila.
    Kunci Jawaban: satu
See also  Contoh soal agama islam kelas 4 k13 surat al fill

C. Benar/Salah

  1. Burung Garuda adalah lambang negara Indonesia. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  2. Sila kedua Pancasila dilambangkan dengan pohon beringin. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah (Seharusnya Rantai)
  3. Musyawarah untuk mencapai mufakat adalah contoh perilaku sila keempat Pancasila. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  4. Pancasila adalah dasar negara Indonesia. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  5. Kita boleh membeda-bedakan teman karena suku dan agamanya. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah

D. Uraian Singkat

  1. Sebutkan bunyi sila pertama Pancasila dan berikan satu contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari!
    Kunci Jawaban: Bunyi sila pertama Pancasila adalah "Ketuhanan yang Maha Esa". Contoh penerapannya: Berdoa sebelum dan sesudah makan/belajar.
  2. Apa makna lambang sila kelima Pancasila (Padi dan Kapas)?
    Kunci Jawaban: Makna padi dan kapas adalah kemakmuran dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  3. Bagaimana cara kita menunjukkan sikap persatuan di sekolah sesuai sila ketiga Pancasila? Sebutkan satu contoh!
    Kunci Jawaban: Contohnya: Bermain bersama teman tanpa membedakan suku atau agama, bekerja bakti membersihkan kelas bersama-sama.
  4. Mengapa kita harus bermusyawarah saat ingin memutuskan sesuatu yang penting bersama teman?
    Kunci Jawaban: Agar semua pendapat bisa didengar, keputusan yang diambil adil, dan semua pihak merasa ikut memiliki keputusan tersebut.
  5. Apa pentingnya Pancasila bagi bangsa Indonesia?
    Kunci Jawaban: Pancasila adalah dasar negara dan pedoman hidup bagi seluruh rakyat Indonesia agar hidup rukun, damai, dan adil.

II. Tema: Aturan dan Norma

A. Pilihan Ganda

  1. Salah satu contoh aturan di rumah adalah ….
    a. Datang ke sekolah tepat waktu
    b. Membuang sampah pada tempatnya di kelas
    c. Merapikan mainan setelah bermain
    d. Mengikuti upacara bendera
    Kunci Jawaban: c

  2. Manfaat mematuhi aturan adalah ….
    a. Hidup menjadi kacau
    b. Mendapat hukuman
    c. Hidup menjadi tertib dan teratur
    d. Tidak punya teman
    Kunci Jawaban: c

  3. Jika kita terlambat datang ke sekolah, kita akan ….
    a. Mendapat pujian
    b. Mendapat hukuman/teguran
    c. Diizinkan pulang
    d. Mendapat hadiah
    Kunci Jawaban: b

  4. Aturan dibuat untuk ….
    a. Dilanggar
    b. Dihindari
    c. Dipatuhi
    d. Dilupakan
    Kunci Jawaban: c

  5. Contoh aturan di sekolah adalah ….
    a. Tidur siang di kelas
    b. Berteriak-teriak saat pelajaran
    c. Memakai seragam sekolah dengan rapi
    d. Membuang sampah sembarangan
    Kunci Jawaban: c

B. Isian Singkat

  1. Aturan di rumah dibuat agar suasana rumah menjadi titik-titik.
    Kunci Jawaban: nyaman/tertib
  2. Jika kita melanggar aturan, kita bisa mendapat titik-titik.
    Kunci Jawaban: hukuman/teguran
  3. Piket kelas adalah salah satu titik-titik di sekolah.
    Kunci Jawaban: aturan/kewajiban
  4. Kita harus meminta titik-titik jika ingin keluar dari kelas saat pelajaran.
    Kunci Jawaban: izin
  5. Semua aturan dibuat demi kebaikan titik-titik.
    Kunci Jawaban: bersama

C. Benar/Salah

  1. Kita boleh membuang sampah di mana saja asalkan tidak ada yang melihat. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  2. Mematuhi aturan sekolah adalah kewajiban setiap siswa. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  3. Aturan dibuat hanya untuk anak-anak, bukan untuk orang dewasa. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  4. Merapikan tempat tidur setelah bangun tidur adalah contoh aturan di rumah. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  5. Melanggar aturan akan membuat hidup kita lebih bebas dan menyenangkan. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah

D. Uraian Singkat

  1. Sebutkan dua contoh aturan yang ada di rumahmu!
    Kunci Jawaban: Contoh: Membantu membersihkan rumah, tidak pulang larut malam, merapikan mainan. (Jawaban bisa bervariasi)
  2. Mengapa kita harus mematuhi aturan di sekolah?
    Kunci Jawaban: Agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar, sekolah menjadi tertib, dan semua siswa merasa nyaman.
  3. Apa yang akan terjadi jika tidak ada aturan di lingkungan masyarakat?
    Kunci Jawaban: Lingkungan akan menjadi kacau, tidak tertib, sering terjadi perselisihan, dan tidak aman.
  4. Bagaimana cara kamu menunjukkan sikap disiplin di sekolah?
    Kunci Jawaban: Contoh: Datang tepat waktu, mengerjakan PR, memakai seragam rapi, tidak ribut di kelas.
  5. Sebutkan satu akibat jika kamu sering melanggar aturan di rumah!
    Kunci Jawaban: Contoh: Dimarahi orang tua, tidak dipercaya, tidak boleh bermain, suasana rumah tidak nyaman.
See also  Contoh soal agama islam kelas 4 sd dan kunci jawaban

III. Tema: Hak dan Kewajiban

A. Pilihan Ganda

  1. Salah satu hak anak di rumah adalah ….
    a. Belajar dengan rajin
    b. Membantu orang tua
    c. Mendapatkan kasih sayang
    d. Merapikan kamar
    Kunci Jawaban: c

  2. Kewajiban seorang siswa di sekolah adalah ….
    a. Mendapatkan nilai bagus
    b. Belajar dengan tekun
    c. Bermain di lapangan
    d. Dihargai oleh guru
    Kunci Jawaban: b

  3. Kita berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Ini adalah hak kita sebagai ….
    a. Anak
    b. Guru
    c. Orang tua
    d. Penjaga sekolah
    Kunci Jawaban: a

  4. Sebelum menuntut hak, kita harus melaksanakan ….
    a. Keinginan
    b. Kewajiban
    c. Hukuman
    d. Permintaan
    Kunci Jawaban: b

  5. Contoh kewajiban di rumah adalah ….
    a. Meminta uang jajan
    b. Membantu membereskan meja makan
    c. Bermain game sepanjang hari
    d. Menonton TV sampai larut malam
    Kunci Jawaban: b

B. Isian Singkat

  1. Hak adalah sesuatu yang seharusnya kita titik-titik.
    Kunci Jawaban: dapatkan/terima
  2. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita titik-titik.
    Kunci Jawaban: lakukan/kerjakan
  3. Kita berhak mendapatkan makanan yang bergizi, ini adalah hak kita sebagai titik-titik.
    Kunci Jawaban: anak
  4. Menjaga kebersihan kelas adalah titik-titik kita sebagai siswa.
    Kunci Jawaban: kewajiban
  5. Setelah belajar, kita berhak untuk titik-titik.
    Kunci Jawaban: bermain/istirahat

C. Benar/Salah

  1. Kita boleh bermain terus-menerus tanpa belajar karena itu adalah hak kita. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  2. Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  3. Kewajiban harus dilakukan setelah kita mendapatkan semua hak kita. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  4. Mendengarkan penjelasan guru adalah hak siswa. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah (itu kewajiban untuk belajar, haknya mendapatkan penjelasan)
  5. Membantu orang tua adalah kewajiban anak. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar

D. Uraian Singkat

  1. Sebutkan dua hakmu sebagai anak di rumah!
    Kunci Jawaban: Contoh: Hak mendapatkan makanan, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan kasih sayang, hak bermain.
  2. Sebutkan dua kewajibanmu sebagai siswa di sekolah!
    Kunci Jawaban: Contoh: Belajar dengan tekun, mematuhi guru, menjaga kebersihan sekolah, mengerjakan PR.
  3. Mengapa hak dan kewajiban harus berjalan seimbang?
    Kunci Jawaban: Agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan, tercipta keadilan, dan hidup menjadi harmonis.
  4. Apa yang akan terjadi jika seseorang hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban?
    Kunci Jawaban: Akan terjadi ketidakseimbangan, ketidakadilan, dan bisa menimbulkan masalah atau perselisihan.
  5. Berikan satu contoh tindakan yang menunjukkan bahwa kamu telah melaksanakan kewajibanmu di rumah!
    Kunci Jawaban: Contoh: Merapikan tempat tidur, membantu mencuci piring, membersihkan kamar.

IV. Tema: Keragaman dan Perbedaan

A. Pilihan Ganda

  1. Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Sikap kita terhadap perbedaan itu adalah ….
    a. Mengejeknya
    b. Menjauhinya
    c. Menghargai dan toleransi
    d. Menganggapnya tidak penting
    Kunci Jawaban: c

  2. Walaupun berbeda agama, kita harus tetap ….
    a. Bermusuhan
    b. Bertengkar
    c. Hidup rukun
    d. Saling mencurigai
    Kunci Jawaban: c

  3. Keragaman membuat bangsa kita menjadi ….
    a. Lemah
    b. Terpecah belah
    c. Kaya dan kuat
    d. Miskin
    Kunci Jawaban: c

  4. Contoh keragaman yang ada di kelas kita adalah ….
    a. Semua siswa laki-laki
    b. Semua siswa pintar
    c. Perbedaan hobi dan makanan kesukaan
    d. Semua siswa rajin belajar
    Kunci Jawaban: c

  5. Jika ada teman yang berbeda suku dengan kita, sebaiknya kita ….
    a. Tidak mengajaknya bermain
    b. Berteman dengannya
    c. Mengolok-oloknya
    d. Mengabaikannya
    Kunci Jawaban: b

B. Isian Singkat

  1. Meskipun berbeda-beda, kita harus tetap titik-titik.
    Kunci Jawaban: bersatu/rukun
  2. Semboyan bangsa Indonesia yang berarti "berbeda-beda tetapi tetap satu" adalah titik-titik.
    Kunci Jawaban: Bhinneka Tunggal Ika
  3. Salah satu contoh keragaman di Indonesia adalah perbedaan titik-titik dan agama.
    Kunci Jawaban: suku/budaya
  4. Menghargai perbedaan adalah sikap yang menunjukkan rasa titik-titik.
    Kunci Jawaban: toleransi
  5. Perbedaan adalah titik-titik dari Tuhan.
    Kunci Jawaban: anugerah/karunia

C. Benar/Salah

  1. Kita boleh berteman hanya dengan teman yang sukunya sama. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  2. Perbedaan membuat kita menjadi lemah. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  3. Setiap orang memiliki ciri fisik dan sifat yang sama persis. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  4. Sikap toleransi sangat penting dalam menghadapi keragaman. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  5. Keragaman budaya Indonesia harus kita lestarikan. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar

D. Uraian Singkat

  1. Sebutkan dua contoh perbedaan yang kamu temukan di kelasmu!
    Kunci Jawaban: Contoh: Perbedaan jenis kelamin (laki-laki/perempuan), perbedaan hobi, perbedaan tinggi badan, perbedaan warna kulit.
  2. Mengapa kita harus menghargai perbedaan agama teman?
    Kunci Jawaban: Agar tercipta kerukunan, tidak ada permusuhan, dan kita bisa hidup berdampingan dengan damai.
  3. Apa manfaat dari adanya keragaman suku dan budaya di Indonesia?
    Kunci Jawaban: Memperkaya budaya bangsa, menarik wisatawan, dan membuat Indonesia menjadi bangsa yang unik dan kuat.
  4. Bagaimana cara kamu menunjukkan sikap toleransi kepada teman yang berbeda pendapat?
    Kunci Jawaban: Contoh: Mendengarkan pendapatnya dengan baik, tidak memaksakan kehendak, menghargai keputusannya meskipun berbeda.
  5. Jelaskan arti semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"!
    Kunci Jawaban: Artinya "Berbeda-beda tetapi tetap satu". Ini menunjukkan bahwa meskipun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya, kita tetap satu kesatuan.
See also  Contoh soal agama hindu kelas 4 semester 1

V. Tema: Kerja Sama dan Gotong Royong

A. Pilihan Ganda

  1. Mengerjakan tugas kelompok akan lebih mudah jika dilakukan dengan ….
    a. Sendiri
    b. Kerja sama
    c. Bermain
    d. Berteriak
    Kunci Jawaban: b

  2. Manfaat utama dari kerja sama adalah ….
    a. Pekerjaan jadi lama
    b. Pekerjaan jadi berat
    c. Pekerjaan jadi ringan dan cepat selesai
    d. Tidak ada yang bertanggung jawab
    Kunci Jawaban: c

  3. Contoh kerja sama di rumah adalah ….
    a. Ayah dan ibu membersihkan rumah sendiri
    b. Kakak dan adik berebut mainan
    c. Seluruh anggota keluarga membersihkan rumah bersama
    d. Ibu memasak sendiri
    Kunci Jawakan: c

  4. Gotong royong adalah kegiatan ….
    a. Mengerjakan sesuatu sendiri
    b. Bekerja sama untuk kepentingan bersama
    c. Berdebat tanpa henti
    d. Saling menyalahkan
    Kunci Jawaban: b

  5. Jika ada teman yang kesulitan mengerjakan tugas, sikap kita sebaiknya ….
    a. Mengejeknya
    b. Membantunya
    c. Membiarkannya
    d. Menertawakannya
    Kunci Jawaban: b

B. Isian Singkat

  1. Pekerjaan berat akan terasa ringan jika dilakukan dengan titik-titik.
    Kunci Jawaban: kerja sama/gotong royong
  2. Contoh kerja sama di sekolah adalah titik-titik kelas.
    Kunci Jawaban: piket
  3. Gotong royong adalah budaya asli bangsa titik-titik.
    Kunci Jawaban: Indonesia
  4. Melakukan kegiatan membersihkan lingkungan bersama-sama disebut titik-titik.
    Kunci Jawaban: gotong royong
  5. Kerja sama dapat menciptakan rasa titik-titik di antara anggota kelompok.
    Kunci Jawaban: persatuan/kebersamaan

C. Benar/Salah

  1. Kerja sama hanya boleh dilakukan dengan teman yang paling pintar. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  2. Gotong royong hanya dilakukan jika ada bencana alam. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Salah
  3. Dengan bekerja sama, kita bisa menyelesaikan masalah lebih cepat. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  4. Membantu ibu mencuci piring adalah contoh kerja sama di rumah. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar
  5. Kerja sama dapat meningkatkan rasa persaudaraan. (Benar/Salah)
    Kunci Jawaban: Benar

D. Uraian Singkat

  1. Sebutkan dua manfaat dari kerja sama!
    Kunci Jawaban: Contoh: Pekerjaan cepat selesai, pekerjaan terasa ringan, mempererat persahabatan, melatih kekompakan.
  2. Berikan satu contoh kegiatan gotong royong yang biasa dilakukan di lingkungan tempat tinggalmu!
    Kunci Jawaban: Contoh: Membersihkan selokan bersama warga, membangun pos ronda, membersihkan lingkungan setelah banjir.
  3. Apa perbedaan antara bekerja sendiri dan bekerja sama?
    Kunci Jawaban: Bekerja sendiri dilakukan oleh satu orang, sedangkan bekerja sama dilakukan oleh lebih dari satu orang untuk mencapai tujuan yang sama.
  4. Mengapa kita perlu bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah?
    Kunci Jawaban: Agar sekolah bersih dan nyaman untuk belajar, pekerjaan membersihkan lebih cepat selesai, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama.
  5. Bagaimana cara kamu menerapkan sikap kerja sama saat belajar kelompok di sekolah?
    Kunci Jawaban: Contoh: Membagi tugas secara adil, mendengarkan pendapat teman, membantu teman yang kesulitan, tidak memaksakan kehendak.

VI. Tema: Nasionalisme Sederhana

A. Pilihan Ganda

  1. Warna bendera negara Indonesia adalah ….
    a. Merah dan Kuning
    b. Biru dan Putih
    c. Merah dan Putih
    d. Hijau dan Kuning
    Kunci Jawaban: c

  2. Lagu kebangsaan Indonesia adalah ….
    a. Garuda Pancasila
    b. Halo-halo Bandung
    c. Indonesia Raya
    d. Maju Tak Gentar
    Kunci Jawaban: c

  3. Setiap hari Senin pagi, di sekolah diadakan upacara ….
    a. Ulang tahun
    b. Bendera
    c. Perpisahan
    d. Syukuran
    Kunci Jawaban: b

  4. Tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia adalah ….
    a. Cut Nyak Dien
    b. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
    c. Pangeran Diponegoro
    d. R.A. Kartini
    Kunci Jawaban: b

  5. Sikap menghargai jasa pahlawan dapat ditunjukkan dengan cara ….
    a. Melupakan sejarah
    b. Bermain game terus-menerus
    c. Belajar dengan rajin
    d. Merusak fasilitas umum
    Kunci Jawaban: c

**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *